Tren Digital Marketing yang Tidak Bisa Kamu Abaikan di 2020

Jika bisnis kamu ingin tetap kompetitif dalam ranah digital saat ini, sebagai pelaku bisnis kamu harus beradaptasi dengan perubahan pemasaran digital yang berkembang pesat. Seperti yang dikatakan Brian Solis:

“Setiap bisnis adalah korban Digital Darwinism, evolusi perilaku konsumen ketika masyarakat dan teknologi berkembang lebih cepat daripada kemampuan untuk mengeksploitasinya. Digital Darwinism tidak membeda-bedakan. Setiap bisnis terancam. “

Jangan salah. Kita hidup dimasa ketika teknologi pemasaran bergerak cepat dan minat serta perilaku konsumen sulit diprediksi. Berikut beberapa tren digital marketing yang akan membantu bisnismu berkembang di era inovasi ini :

  1. Artificial Intelligence (AI)
    Kehadiran artificial intelligence dapat memudahkan dalam pengembangan bisnismu. Sudah banyak penerapan AI dalam bisnis sehari-hari, seperti chatbot, whatsapp bisnis, hingga balasan email otomatis.
  2. Marketing yang bersifat percakapan
    Realita daru marketing modern yang disukai konsumen adalah lebih bersifat percakapan. Ketika konsumen memiliki pertanyaan, pelaku bisnis memfasilitasi dan menjawab satu persatu di waktu yang cepat. Hal ini membuat konsumen memiliki kepercayaan yang tinggi.
  3. Video marketing
    Video marketing merupakan salah satu tren marketing terpenting untuk 5-10 tahn kedepan. 70% konsumen mengatakan bahwa mereka pernah membagikan sebuah video brand. 72% pelaku bisnis menyatakan bahwa video dapat meningkatkan kontak mereka dengan konsumen.
  4. Influencer marketing
    Tren ini muncul sebagai marketing testimonu yang terfokus untuk mengenalkan produk bisnis ke pasar yang lebih luas.

Jadi begitulah beberapa tren yang tidak bisa kamu abaikan di tahun 2020. Sebagai pelaku bisnism berusahalah untuk merangkul teknologi untuk mendapatkan keunggulan atas pesaing lainnya. Seperti yang pernah dikatakan John F. Kennedy:

 “Perubahan adalah hukum kehidupan. Dan mereka yang hanya melihat ke masa lalu atau masa sekarang pasti akan melewatkan masa depan. ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *