Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum atau yang sering disebut dengan public speaking sudah menjadi syarat utama dalam beberapa pekerjaan saat ini. Namun, masih banyak yang belum menguasai kemampuan yang satu ini dikarenakan sifat malu, grogi hingga takut berbicara di depan umum.

Berikut tips meningkatkan kemampuan public speaking yang bisa kamu pelajari agar kamu lebih percaya diri untuk tampil didepan umum:

  1. Latihan dan Persiapan
    Grogi adalah hal yang wajar. Semua orang merasakan beberapa reaksi fisiologis seperti jantung berdebar dan tangan gemetaran. Jangan mengaitkan perasaan ini dengan perasaan bahwa kamu mempermalukan diri sendiri. Adrenalin yang membuat kamu berkeringat juga membuat kamu lebih waspada dan siap memberikan kinerja terbai.
    Cara terbaik untuk mengatasi grogi adalah dengan mempersiapkan, menyiapkan, dan mempersiapkan lebih banyak lagi. Luangkan waktu untuk memeriksa catatan beberapa kali. Setelah kamu merasa nyaman dengan materi, berlatihlah yang banyak. Rekam video diri sendiri, atau mintalah seorang teman untuk mengkritik persiapanmu.
  2. Kenali Audiens
    Sebelum kamu mulai menyusun apa yang akan disampaikan, pertimbangkan untuk siapa pesan itu ditujukan. Pelajari sebanyak mungkin tentang pendengarmu. Ini akan membantu kamu menentukan pilihan kata, tingkat informasi, pola organisasi, dan pernyataan motivasi.
  3. Atur Materi
    Buat kerangka untuk materi yang akan kamu sampaikan. Tuliskan topik, tujuan umum, tujuan spesifik, ide sentral, dan poin utama. Pastikan untuk menarik perhatian audiens dalam 30 detik pertama.
  4. Jangan Membaca
    Ketika kamu harus menyampaikan sesuatu di depan umum, jangan membaca kecuali memang harus. Pertahankan kontak mata dengan pendengarmu, fokus kepada diri sendiri dan pesanmu. Garis besar singkat dapat berfungsi untuk menyalurkan ingatan dan tetap pada pesan yang akan kamu sampaikan.
  5. Gestur dan Suara
    Komunikasi nonverbal membawa sebagian besar pesan. Pengiriman yang baik tidak menarik perhatian pada dirinya sendiri, tetapi menyampaikan ide-ide pembicara dengan jelas dan tanpa gangguan.

Komunikasi yang baik tidak pernah sempurna, dan tidak ada yang mengharapkan kamu untuk sempurna. Namun, meluangkan waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan membantu kamu dalam penyampaian yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *