Peran LinkedIn Bagi Karir Kamu

Bagi kamu yang sedang menempuh jalur pendidikan ataupun telah selesai, kamu akan masuk ke dunia yang biasa disebut sebagai dunia nyata, yaitu dunia kerja. Dalam fase ini, kamu dituntut untuk dapat mengaplikasikan hasil belajarmu.

LinkedIn dapat berperan dalam membangun karirmu. LinkedIn adalah sebuah media sosial yang ditujukan untuk profesional. Berbeda dengan media sosial lainnya, LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk memasarkan diri kepada perusahaan ataupun profesional lain didalamnya. Semakin menarik profilmu, semakin banyak perusahaan yang melirikmu.

Buat kamu yang masih bingung tentang peran LinkedIn bagi karirmu, ini dia uraiannya:

  1. Membangun Profil Profesional
    Seluruh data diri, foto, CV, dan lain-lain dapat kamu muat di LinkedIn. Tujuannya adalah agar kamu memiliki kesan awal yang baik dari para profesional lain.
  2. Koneksi
    Kamu memerlukan koneksi yang luar untuk sukses berkarir. LinkedIn membantu kamu untuk terkoneksi dengan semua orang di dunia. Kamu dapat membuat koneksi dengan para profesional yang memiliki  ketertarikan atau pekerjaan yang sama.
  3. Memudahkan Kamu Melamar Pekerjaan
    LinkedIn tidak hanya membuka jalan koneksimu, tapi juga menyediakan portal lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan profilmu. Dengan ini kamu tidak perlu buang waktu, tenaga, biaya print dan transport karena lamaran tersebut langsung tersambung dengan profil yang kamu buat.
  4. Kesempatan Direkrut Perusahaan
    Banyak sekali petinggi perusahaan yang memiliki akun LinkedIn. Karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional seseorang, tak heran banyak sekali petinggi perusahaan merekrut melalui LinkedIn. Selalu perbaharui akun kamu agar kamu lebih dikenal olej mereka.
  5. Memperlihatkan Keahlian
    Kalau kamu seringkali dianggap sombong ketika posting hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu di sosial media lain, LinkedIn justru sebaliknya. Semakin kamu sering posting mengenai keahlian ataupun kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaanmu, kamu akan dianggap semakin profesional. Bahkan ketika kamu memulainya dari bangku kuliah, kredibilitasmu sudah mulai terbangun dari sini.

Memiliki akun LinkedIn sangat bermanfaat bagi karir kamu. Jadi, sudah punya akun LinkedIn belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *