Mau Jadi Freelancer Sukses? Ini Tipsnya!

Menjadi freelancer adalah salah satu jalan hidup anak muda masa kini. Betapa tidak, mereka bisa bekerja kapan saja tanpa terikat jam kantor. Bahkan mereka juga bisa bekerja di berbagai tempat yang disukainya, di kafe-kafe dan taman kota sekalipun. Asalkan semua pekerjaannya bisa diselesaikan tepat waktu. Karenanya banyak anak muda masa kini mulai beralih menambah pundi-pundi pemasukannya lewat cara ini, menjadi seorang freelancer.

Berikut akan kami bahas beberapa tips agar bisa menjadi freelancer yang sukses.

Rencanakan pekerjaan anda

Perencanaan adalah hal yang penting. Pastikan kamu tahu apa pekerjaan apa saja yang bisa kamu kerjakan dalam bisnis freelancemu. Rencanakan berbagai proyek atau tugas yang bisa kamu kerjakan dalam satu periode tertentu. Jika perlu, tuliskan tugas-tugas tersebut dalam sebuah list beserta tanggal deadlinenya sehingga kamu bisa memonitor kerjaanmu dengan lebih mudah.

Buatlah branding yang menarik

Branding adalah salah satu kunci untuk menarik klien. Bentuklah logo dan pandangan yang bagus untuk perusahaan freelancemu. Jika kamu berdiri sendiri, pastikan kamu menunjukkan perilaku yang sopan dan ramah kepada para klien. Jangan sungkan menawarkan diskon-diskon khusus atau paket tertentu yang membuat klien makin tertarik dengan jasa darimu. Dengan demikian, klien akan lebih mengenal dan dan dekat denganmu.

Jangan memaksakan diri

Meskipun kamu menikmati bekerja sebagai freelancer, kamu tetap harus memikirkan dirimu sendiri. Jangan sampai pekerjaanmu malah jadi bumerang bagi dirimu karena terlalu overload kerja. Kamu juga harus berani mengatakan ‘tidak’ jika kamu merasa banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.

Perbanyak mitra kerja

Sebagai freelancer, kamu bisa memanfaatkan teman-temanmu untuk bisa bekerjasama sehingga bisa meringankan bebanmu. Dengan begitu kamu bisa membantu mereka menambah uang saku harian mereka. Selain itu, kemitraan dengan klien juga harus tetap dijaga supaya kedepannya, bila mereka membutuhkan jasa, mereka akan kembali menggunakan layanan jasamu.

Atur keuanganmu dengan cermat

Setelah bisnis freelancemu mulai berkembang dan kamu mulai mendapatkan tambahan uang saku, kamu harus mengatur neraca keuanganmu dengan cermat. Gunakan secukupnya untuk kebutuhanmu sehari-hari dan sisakan sebagian yang lain tabungan dan investasi. Kamu juga bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk memperbarui peralatan yang bisa mendukung bisnis freelancemu.

Jadilah professional

Menjadi freelancer bukan berarti kamu bisa berbuat sesukamu. Kamu tetap harus menjunjung tinggi profesionalitas kerja. Kamu bisa saja mengerjakan pekerjaan semaumu, tapi kepuasan klien tetaplah hal yang paling utama. pun begitu, permintaan-permintaan dari klien tetap harus diikuti. Bahkan, jika klien menolak hasil kerjamu, hendaknya kamu menerimanya dengan lapang dada dan menjadikannya sebagai bahan koreksi atas kerjamu.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips tentang mengembangkan bisnis freelancemu. Jadi apakah kamu sudah siap untuk memulai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *