Hal Sepele yang Harus Kamu Perhatikan Saat Mengirimkan Email Lamaran Kerja

Seringkali dalam melamar pekerjaan, perusahaa tidak lagi menerima dokumen fisik melainkan melalui email. Meskipun demikian, banyak hal sepele yang tanpa pelamar sadari dapat membuat dirinya ditolak.

Untuk itu, berikut hal yang perlu kamu perhatikan saat mengirimkan email lamaran.

  1. Waktu Pengiriman
    Usahakan untuk mengirimkan email lamaran kerja sesuai dengan jam kerja perusahaan dan hindari mepet deadline. Dari hal simpel ini, perusahaan akan melihat apakah kamu termasuk orang yang menunda pekerjaan atau segera menjalankannya.
  2. Menggunakan Akun Formal
    Siapa bilang jika akun email kamu tidak menjadi penilaian saat melamar kerja. Pihak perusahaan mempertimbangkan kepribadian kamu melalui nama email yang dimiliki. Gunakan akun email formal sebagai bentuk keseriusan dan profesional kamu yang dianggap sudah mampu terjun ke dunia kerja. Jadi, jika kamu masih menggunakan akun email asal-asalan dan lebay, mulai perbaiki dan persiapkan email yang pantas ya.
  3. Subjek Email
    Isilah subjek email sesuai dengan syarat yang ditentukan. Apabila tidak tertera di syarat, bukan berarti kamu bisa mengosongkan Subjek ya. Kamu bisa mengisinya dengan menuliskan LAMARAN-NAMA-POSISI.
  4. Badan Email
    Sama halnya dengan subjek, isilah badan email dengan motivation letter ataupun perkenalan diri dan alasan mengapa kamu ingin bergabung dan harus diterima. Hal tersebut memudahkan rekruter untuk mengetahui ketertarikanmu terkait posisi yang ditawarkan.
  5. Lampiran
    Lampirkan CV dengan baik. Usahakan agar CV kamu tidak lebih dari dua halaman. Buatlah format penamaan CV dengan baik, misalnya “CV-NAMA.” Hindari penggunaan nama file seperti “CV NEW” atau “CV FIX.”
    Kamu tidak perlu mengirimkan dokumen seperti sertifikat, KTP, KK dan hal lainnya jika tidak diminta. Karena rekrutmen hanya akan membaca CV mu saat diawal.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara mengirimkan lamaran yang baik menggunakan email? Sepele tapi sangat penting. Jangan lupa terapkan dan bagikan informasinya ke temanmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *