Cara Mendapatkan Pekerjaan Melalui LinkedIn

Ada lebih dari 277 juta orang di LinkedIn pada hitungan terakhir. Ini berarti kamu bisa saja ingin menjadi bagian dari itu. Tetapi kamu juga tidak ingin tersesat di tengah orang banyak.

Semoga, saat ini, kamu sudah membaca beberapa peran LinkedIn dalam karirmu yang tak terlupakan yang akan membantu kamu menonjol. Ini adalah langkah pertamamu. Sekarang, kami akan menunjukkan kepada kamu bagaimana cara menggunakan LinkedIn setelah kamu menggunakannya.

LinkedIn adalah platform jaringan profesional yang tangguh serta papan kerja dan mesin pencari yang tangguh. Fakta bahwa 94% perekrut menggunakan media sosial, khususnya LinkedIn untuk mencari kandidat karyawan.

Bagaimana cara kamu mendapatkan kerja melalui LinkedIn?

  1. Gunakan Fungsi Pencarian
    Seperti yang telah disebutkan, LinkedIn adalah mesin pencari berdaya tinggi. Untuk memulai pencarian, ketik istilah yang ingin kamu cari. Misalnya, “pembinaan karier MBA,” kamu akan mendapatkan daftar pekerjaan terkait, kelompok, dan orang-orang yang melakukan pekerjaan serupa. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pencarian kamu oleh orang-orang, pekerjaan, perusahaan, grup, dan kotak masuk. Klik “pekerjaan” dan kamu dapat mengasah lebih jauh berdasarkan lokasi, koneksi, industri, fungsi pekerjaan, dan tingkat pengalaman. Pencarian cerdas LinkedIn akan, dari waktu ke waktu, akan mengetahui apa preferensi kamu dan memberikannya kepadamu.
  2. Buat Pengalaman
    Ketika kamu berada di konferensi itu atau menjalankan pelatihan atau lokakarya, gunakan gambar dari acara itu dengan pembaruan. Di LinkedIn, khususnya, kamu bisa membagikan slide deck dari presentasi yang baru saja kamu dapat atau dari panel yang kamu hadiri. Ingatlah untuk mendapatkan izin terlebih dahulu jika itu adalah IP orang lain.
  3. Bergabung dalam Grup
    Ada ratusan ribu grup di platform ini mulai dari ritel dan keuangan hingga media sosial dan pemasaran. Anda akan menemukan minat dan topik pada subjek bisnis apa pun yang dapat dibayangkan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa fitur grup adalah favorit pengguna.
  4. Bangun Jaringan
    Setiap orang yang kamu temui di linkedin adalah seseorang yang pada akhirnya merekrut, merujuk, atau memberi nasihat kepadamu. Di sinilah kamu melihat keajaiban LinkedIn; ini adalah mentor yang benar-benar hidup global, pemimpin pekerjaan, dan peluang bisnis.
    Jadi, terhubunglah dengan semua orang. Dan buat itu pribadi. Misalnya, kamu bisa mengirim pesan khusus ketika meminta untuk terhubung dengan orang-orang tersebut.

Dengan demikian, kamu sudah memiliki relasi yang cukup kuat dan mendapatkan preferensi pekerjaan sesuai bidangmu. Tetap perbarui profilmu dan bersiaplah menemukan kolega baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *